Jumat, 13 Agustus 2010

Pertama Masuk, Siswa Ikut Sanlat

Berikut ini merupakan berita mengenai kegiatan dan akademik di SMAN 3 Cibinong.

IBADAH: Guru Smantic mengimami seluruh siswa dalam salat Duha berjamaah, yang menjadi bagian dari kegiatan sanlat selama Ramadan, kemarin.

CIBINONG – Hari pertama masuk sekolah di Kabupaten Bogor, siswa mulai disibukkan kembali dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Kendati, ada beberapa sekolah yang belum mengefektifkan KBM karena masih diliputi suasana Ramadan. Sehingga pada awal masuk, sebagian sekolah mengadakan pesantren kilat (sanlat).

Pantauan Radar Bogor kemarin, sejak pukul 07:30, sekolah dipadati siswa yang akan mengikuti KBM. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor memang memberlakukan aturan jam masuk, yang dimajukan 30 menit karena hampir seluruh siswa menjalankan ibadah puasa.

Seperti di SMAN 3 Cibinong. Pihak sekolah selama tiga hari ke depan (12-14/8), belum mengaktifkan kembali aktivitas KBM. Smantic, julukan sekolah yang berada di Perumahan Bogor Asri itu, hanya mengadakan sanlat bagi siswa kelas 10 hingga kelas 12. Belajar mulai efektif pekan depan (16/8), dengan alasan ingin memben- tuk mental spiritual sebelum mengikuti KBM.

Kepala SMAN 3 Cibinong Ayu Hartati mengatakan, sanlat tahun ini baru pertama kali diselenggarakan di lingkungan sekolah. “Tahun lalu kami adakan di Masjid Baitul Faidzin, karena faktor ruang kelas belum mencukupi,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Para siswa, lanjut dia, selain diberikan materi seputar keagamaan, juga akan mengikuti salat Duha berjamaah setiap hari. Karena SMAN 3 belum memiliki musala atau aula dengan kapasitas memadai, maka praktik salat dilakukan di lapangan tenis. Adapun pembimbing sanlat, diisi guru-guru SMAN 3 yang memiliki pengetahuan agama mumpuni. “Kami mengefektifkan potensi yang dimiliki guru di sini, karena lebih efisien dan praktis,” imbuh Ayu.

Ayu berpendapat, sanlat digeser menjadi awal Ramadan agar siswa bersemangat melaksanakan KBM, dibandingkan menjelang libur Idul Fitri. “Biasanya anak-anak malas mengikuti sanlat bila dilakukan di akhir Ramadan,” pungkasnya.

Sumber : Radar Bogor

Berita : Radar Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar